Sekjen Kemendes PDTT: Pariwisata Bisa Menjadi Pengungkit Pertumbuhan Ekonomi Daerah


  Rabu, 05 Februari 2020 Berita DITJENPDT

Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Anwar Sanusi memberikan arahan sekaligus menutup acara Rapat Koordinasi Pengembangan Promosi Pariwisata Daerah Tertinggal di Labuanbajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (5/2).

Dalam arahannya, Anwar Sanusi mengatakan bahwa sektor pariwisata bisa menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi suatu daerah. Pariwisata yang berbasis digital menjadi terobosan yang inovatif dan memiliki nilai manfaat yang tinggi. Dirinya sangat mendukung kolaborasi efektif yang dilakukan Ditjen PDT dengan stakeholder terkait dalam pengembangan pariwisata berbasis digital di daerah tertinggal.

Menurut Anwar Sanusi, banyak desa-desa di Indonesia yang memiliki potensi wisata, baik wisata berbasis sumber daya alam, wisata berbasis budaya, maupun wisata buatan. Beberapa daerah telah menempatkan pariwisata menjadi program unggulan di desanya masing-masing, dimana desa wisata tersebut kemudian dikelola oleh BUMDes.

Anwar Sanusi menambahlan, alokasi dana desa yang terus meningkat tiap tahunnya harus dimanfaatkan dengan baik. Jika pemanfaatan dana desa terkelola dengan baik, desa akan menemukan potensinya, salah satunya misalnya potensi wisata.

Dalam penutupan Rapat Koordinasi Pengembangan Promosi Pariwisata Daerah Tertinggal, turut hadir Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Samsul Widodo dan Sekretaris Utama Basarnas, Dianta Bangun yang memberikan sambutan terkait pentingnya pelatihan penanggulangan bencana bagi para pelaku pariwisata, terutama pada lokasi wisata yang memiliki resiko kebencanaan.