Kabupaten Mahakam Ulu

Kabupaten Mahakam Ulu

     Kabupaten Mahakam Ulu adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Mahakam Ulu merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai Barat yang disahkan dalam sidang paripurna DPR RI pada 14 Desember 2012 di gedung DPR RI tentang Rancangan UU Daerah Otonomi Baru (DOB). Luas wilayahnya 15.315,00 Km2 dan pusat pemerintahannya berada di Ujoh Bilang.

 

Batas Wilayah

·         Sebelah Utara berbatasan dengan Negara Malaysia dan Kabupaten Malinau

·         Sebelah Timur berbatasan dengan Kabupaten Kutai Kartanegara

·         Sebelah Selatan berbatasan dengan Kabupaten Kutai Barat dan Provinsi Kalimantan Tengah

·         Sebelah Barat berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Barat

 

Geografis

     Secara geografis Kabupaten Mahakam Hulu terletak antara koordinat 113?45’05’’-115? 45’ 05’’ BT dn 1? 31’ LU -O? 34’ LU.

 

Topografi

     Wilayah Kabupaten Mahakam Ulu didominasi kontur permukaan yang bergelombang, dari kemiringan landai sampai curam dengan ketinggian berkisar antara 0 – 1.500 meter diatas permukaan laut dengan kemiringan antara 0 – 60 persen. Daerah dataran rendah pada umumnya dijumpai di kawasan sepanjang daerah aliran sungai (DAS). Sedangkan daerah perbukitan dan pegunungan memiliki ketinggian rata-rata lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan kemiringan 30 persen terdapat di bagian barat laut yang berbatasan langsung dengan wilayah Malaysia.

 

Iklim

     Karakteristik iklim Kabupaten Mahakam Ulu termasuk dalam kategori iklim tropika humida, dengan rata-rata curah hujan tertinggi terdapat pada bulan April dan terendah di bulan Agustus, serta tidak menunjukkan adanya bulan kering atau sepanjang bulan dalam satu tahun selalu terdapat sekurang-kurangnya tujuh hari hujan. Namun demikian dalam tahun-tahun terakhir ini, keadaan iklim di Kabupaten Mahakam Ulu terkadang tidak menentu.

     Pada bulan-bulan yang seharusnya turun hujan dalam kenyataannya tidak hujan, atau sebaliknya pada bulan-bulan yang seharusnya kemarau bahkan terjadi hujan dengan musim yang lebih panjang. Temperatur minimum umum nya terjadi pada bulan Oktober sampai dengan Januari sedangkan temperature maksimum terjadi antara bulan Agustus sampai dengan bulan September.

     Daerah beriklim seperti ini tidak mempunyai perbedaan yang jelas antara musim hujan dan musim kemarau. Pada musim angin barat hujan turun sekitar bulan Agustus sampai bulan Maret, sedangkan pada musim timur hujan relative kurang, hal ini terjadi pada sekitar bulan April sampai bulan September.


Potensi Daerah Tertinggal Di Kabupaten Mahakam Ulu

Opini

  • Pentingnya Dukungan SDM di Kawasan Ekonomi Khusus

Sistem Informasi

  • Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian
  • LPSE
  • Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum