Rencana Pembangunan PLT Biomassa Dukung Desa Wisata di Mamuju Tengah


  Minggu, 17 Nopember 2019 Kegiatan DITJENPDT

Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, melalui Direktorat Peningkatan Sarana dan Prasarana akan melakukan pilot project Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm) dengan skema pendanaan investasi dengan pihak swasta di Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat.

Kepala Sub Direktorat Sarana dan Prasarana Energi, Faridz Yazi menyampaikan kepada Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (BP4) Kabupaten Mamuju Tengah dan jajaran OPD teknis lainnya terkait pentingnya mengatasi kebutuhan elektrifikasi dengan cara kemandirian energi berbasis energi baru terbarukan.

"PLTBm yang akan dikembangkan di Kabupaten Mamuju Tengah merupakan pilot project dengan menggunakan konsep 'zero balance' dimana daun-daun cengkeh atau sejenisnya yang sudah kering diproses menjadi minyak dan menghasilkan listrik untuk masyarakat setempat," ungkap Yazi saat mengunjungi lokasi lahan yang akan dipersiapkan untuk tamanam cengkeh di Desa Kambunong, Rabu (13/11).

Menurut Yazi, dalam pembangunan PLTBm, perlu komitmen dari pemerintah daerah dalam penyiapan dan pengelolaan lahan, sehingga proses produksi listrik dan minyak atsiri dapat berjalan secara terus menerus tanpa kendala kelangkaan bahan daun cengkeh atau sejenisnya.

Indonesia sendiri memiliki potensi energi biomassa sebesar 50.000 MW yang bersumber dari berbagai biomassa yang belum di manfaatkan dengan maksimal diantaranya limbah penyulingan daun cengkeh.

Kepala BP4 Kabupaten Mamuju Tengah, Ishaq Yunus mendukung Pilot Project PLTBm dengan konsep zero balance tersebut. Menurutnya secara teknis, OPD setempat sudah diberikan arahan oleh Sekretaris Daerah untuk mengalokasikan anggaran dalam mendukung kegiatan tersebut, sehingga kerjasama dapat berjalan dengan lancar dan masyarakat dapat diuntungkan dari adanya kerjasama ini yaitu mendapatkan akses listrik dan bisa bekerja untuk tambahan pendapatan masyarakat.

"Dinas Pertanian akan bertanggungjawab terkait dengan penyiapan dan pengelolaan lahan, Dinas PU akan mendukung dari segi penyediaan design konstruksi dan prasarana pendukung. Bahkan dari Pemerintah Desa Kambunong akan mengalokasikan Dana Desa untuk jalan akses masuk ke Pulau Kambunong yang akan dijadikan lokasi Pilot Project," ujar Ishaq

Desa Kambunong merupakan salah satu desa yang akan di design sebagai kawasan desa wisata dengan konsep eko wisata dan kawasan wisata bahari yang telah ditetapkan dalam 'blue print' perencanaan pembangunan di Kabupaten Mamuju Tengah.