Ditjen PDT Hadiri Rakortekrenbang 2019 di Padang


  Selasa, 26 Februari 2019 Kegiatan DITJENPDT

Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal ikut serta dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Regional 1 (Sumatera-Jawa-Bali) yang digelar di Padang, Sumatera Barat, 25 Februari - 1 Maret 2019.

Rakortekrenbang yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Bina Pembangunan Daerah dan Bappenas  merupakan wadah bagi Pemerintah Pusat dan Daerah untuk secara bersama-sama bersinergi melakukan sinkronisasi dan harmonisasi guna mencapai target pembangunan nasional melalui penyelarasan program, kegiatan, proyek, target, lokasi, dan anggaran pembangunan nasional antara Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota masing-masing bidang urusan pemerintahan.

Rakortekrenbang dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri, Hadi Prabowo. Dalam sambutannya, Hadi Prabowo menjelaskan profil pembangunan di Indonesia serta upaya untuk mewujudkan Visi Pembangunan Tahun 2020-2024. Hadi Prabowo juga menekankan terkait usulan tema RKP 2020 yaitu "Peningkatan Sumber Daya Manusia untuk Pertumbuhan Berkualitas".

Secara umum, tahapan pelaksanaan Rakortekrenbang 2019 terdiri dari pembukaan, paparan dari para narasumber, pembagian kelompok dan desk, pembahasan dan klarifikasi pada masing-masing desk,  penandatanganan berita acara masing-masing desk per K/L, serta penutupan.

Dalam Rakortekrenbang Regional 1 terdapat 19 kabupaten daerah tertinggal yang masuk dalam ranah kerja Ditjen PDT. Ditjen PDT turut membahas usulan-usulan dari 19 daerah tertinggal tersebut yang selanjutnya akan dijadikan sebagai kegiatan dan lokasi prioritas program pembangunan tahun 2020.

Diharapkan dengan adanya acara ini, akan tersusun bahan penyusunan dokumen perencanaan di tingkat pusat dan daerah, tersusunnya kesepakatan peran masing-masing pihak (Pemda dan K/L) dalam mencapai target nasional sesuai dengan kewenangan, serta menentukan intervensi kebijakan yang perlu dilakukan oleh Pemerintah Pusat dalam pembinaan terhadap penyusunan dokumen perencanaan daerah.