Rakortekrenbang, Forum Selaraskan Prioritas Pusat dan Daerah


  Senin, 11 Maret 2019 Kegiatan DITJENPDT

BALIKPAPAN - Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo membuka acara Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan (Rakortekrenbang) Regional II Tahun 2019 di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (11/3).

Rakortekrenbang merupakan forum perencanaan pembangunan dalam rangka menselaraskan prioritas pembangunan tingkat pusat dan daerah. Hasil yang dicapai nantinya akan menjadi materi pembahasan Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) dalam menetapkan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020.

Output dari Rakortekrenbang adalah selarasnya agenda pembangunan yang tertuang dalam RKP dan RKPD. RKP dan RKPD yang selaras diharapkan berdampak pada rencana pembangunan baik ditingkat pusat, provinsi, kabupaten, hingga tataran desa.

Selarasnya kebijakan perencanaan pembangunan pusat dan daerah sudah membuahkan hasil seperti menurunnya angka kemiskinan dan tingkat pengangguran terbuka.

RKP 2020 sendiri mengusung tema peningkatan SDM untuk pertumbuhan yang berkualitas. Ada 5 prioritas nasional yakni pembangunan manusia dan pengentasan kemiskinan, konektivitas dan pemerataan, peningkatan nilai tambah ekonomi dan kesempatan kerja, memantapkan energi pangan dan lingkungan, serta stabilitas pertahanan dan keamanan.

Rakortekrenbang Regional II tahun 2019 dilaksanakan mulai tanggal 11-15 Maret 2019 dengan diikuti perwakilan Kementerian/Lembaga terkait, serta unsur Bappeda Provinsi dan Bappeda Kabupaten/Kota.

Dalam Rakortekrenbang Regional II, terdapat 103 kabupaten daerah tertinggal yang tersebar di 17 provinsi yang menjadi fokus kerja Ditjen PDT. Melalui forum ini, Ditjen PDT akan mensinkronkan dan menselaraskan, serta mengharmonisasikan kebijakan pusat dan kabupaten daerah tertinggal agar memiliki keselarasan dalam rangka mewujudkan percepatan pembangunan daerah tertinggal.