Dukung Destinasi Super Prioritas Mandalika, Dirjen PDT Dorong Pengembangan Desa Wisata di Lombok


  Jumat, 09 Oktober 2020 Berita DITJENPDT

Lombok Timur - Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal melangsungkan rangkaian kunjungan kerja hari pertama dalam rangka Bimbingan Teknis Peningkatan Kapasitas SDM di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Mandalika ke Desa Wisata Kembang Kuning, Tetebatu Selatan, dan Sembalun yang ada di Lombok Timur. Kamis (8/10/2020)

Agenda ini dilaksanakan bersama Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf, Hari Santosa Sungkari, Deputi Bidang Pembangunan Manusia KSP, Abetnego Tarigan, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Lalu Moh Faozal, Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf, Wawan Gunawan, Direktur PSDLH, Dwi Rudi Hartoyo.

Seluruh rangkaian agenda ini bertujuan menjawab dan mendiskusikan permasalahan-permasalahan terkait pengembangan desa yang dihadapi oleh desa dan Pokdarwis setempat, di antaranya seperti bentuk promosi yang bisa dilakukan oleh desa dan Pokdarwis, pemanfaatan Dana Desa untuk pengembangan pariwisata, bentuk-bentuk kegiatan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kapasitas SDM pelaku usaha pariwisata, dsb.

Di sela-sela agenda, Dirjen PDT melakukan diskusi bersama dengan para pendamping desa Lombok Timur membahas beberapa hal terkait peningkatan kapasitas SDM para pendamping dan pemanfaatan Dana Desa untuk pembangunan desa. Diketahui bahwa pada Tahun 2021 pemanfaatan Dana Desa difokuskan pasa pencapaian SDGs Desa yang tertera dalam Permendesa No. 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021.

Rangkaian kegiatan ini masih akan dilaksanakan sampai 10 Oktober 2020, diantaranya akan dilaksanakan di Desa Wisata Senaru, Pemenang Barat, Gili Gede, dan Gili Mekarsari.