Ditjen PDT Gelar Workshop Untuk Meningkatkan Pendapatan Pembudidaya Ikan di Situbondo


  Jumat, 29 Maret 2019 Berita DITJENPDT

SITUBONDO - Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Samsul Widodo membuka kegiatan Workshop Manajemen Budidaya Perikanan kerjasama antara Ditjen PDT dengan Growpal yang didukung oleh Usaha Desa dan Pemerintah Kabupaten Situbondo, Kamis (28/3).

"Percepatan pembangunan daerah tertinggal tidak hanya dilakukan dengan cara biasa, namun diperlukan implementasi teknologi dan inovasi dalam ekonomi lokal sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat, salah satunya melalui kerjasama dengan Growpal," ujar Samsul Widodo.

Ditjen PDT setelah sukses memfasilitasi kelompok pembudidaya lokal dengan Growpal dalam budidaya ikan Baramundi di Aceh Singkil pada tahun lalu, kini akan difasilitasi di Kabupaten Situbondo.

Salah satu bentuk fasilitasi yang dilakukan Ditjen PDT melalui Workshop Manajemen Budidaya Perikanan yang dilaksanakan selama tiga hari, 28-30 Maret 2019 di Kabupaten Situbondo dengan agenda utama yaitu sesi pembelajaran terkait pembiayaan trading perikanan, penjualan hasil perikanan kepada end-user/horeca, penyusunan proposal bisnis, rencana usaha dan legal kerjasama dengan Growpal, serta pembelajaran terkait manajemen usaha yang disampaikan oleh Usaha Desa.

Growpal sendiri adalah platform digital yang memberikan layanan untuk mempertemukan antara pemilik modal, investor, sponsor, pemilik lahan, petani ikan laut dan pembeli hasil panen dibidang agribisnis perikanan.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 40 peserta yang terdiri dari pelaku usaha budidaya ikan air payau dan air tawar, usaha pembenihan ikan laut, supplier pakan ikan, serta usaha pemasaran produk perikanan yang merupakan hasil rekomendasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo. Selain itu, juga terdapat 15 orang Pendamping Desa yang berasal dari Kabupaten Situbondo dan Bondowoso yang diharapkan dapat mentransfer informasi terkait informasi manajemen budidaya perikanan.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas manajemen para pelaku usaha, meningkatkan volume produksi budidaya perikanan, serta untuk memberikan pemahaman terkait perencanaan keuangan dan pencatatan keuangan dalam usaha perikanan. Harapannya, para pelaku usaha pada sektor perikanan di Kabupaten Situbondo dapat mulai memperbaiki sistem pelaksanaan usaha sehingga dapat meningkatkan pendapatan dan menggerakkan perekonomian di Kabupaten Situbondo melalui usaha perikanannya.

Dalam workshop tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Situbondo, Yoyok Mulyadi, Kasubdit Investasi Permodalan, Jamaluddin Matdoan, Kasubdit Potensi Produk Unggulan, Irwansyah Putra, CEO Growpal, Ahmad Rizki Akbar, CPO Growpal, Paundra Noorbaskoro, CEO Usaha Desa, Mohammad Najib, serta Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, Eko Prayudi.