Ditjen PDT Kerjasama dengan GIZ dan Timurasa Kembangkan Bisnis Inklusif di Daerah Tertinggal


  Rabu, 19 Juni 2019 Kegiatan DITJENPDT

Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Samsul Widodo didampingi Direktur Pengembangan Sumber Daya dan Lingkungan Hidup, Dwi Rudi Hartoyo rapat dengan Senior Advisor Deutsche Gesselchaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ), Dian Vitriani dan Founder Timurasa, Martin Kreshna di ruang rapat lantai 2 Kantor Kementerian Desa PDTT, Jakarta, Selasa (18/6).

Dalam pertemuan tersebut dibahas peluang kerjasama antara Kemendesa PDTT, GIZ dan Timurasa terkait pengembangan bisnis inklusif di daerah tertinggal. Melalui skema bisnis inklusif, diharapkan dapat meningkatkan working conditions dan juga skills masyarakat.

Peran GIZ dalam kerjasama ini yaitu memberikan Technical Assistant sedangkan peran Timurasa yaitu membantu final processing product dan juga penjualannya, sementara community developmentnya dilakukan oleh BUMDes.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan mengenai rencana GIZ bersama AirAsia yang akan mereplikasi program yang sebelumnya telah dilaksanakan di Thailand untuk dilaksanakan di Lombok, yaitu pelatihan bahasa inggris oleh cabin crew Airasia, infrastructure building, dan lived in chef, dimana chef akan melatih masyarakat untuk membuat masakan lokal daerah menjadi fine dinning.