Ditjen PDT Dorong Dekranasda Masuki Pasar Digital


  Jumat, 30 Agustus 2019 Berita DITJENPDT

Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Samsul Widodo memberikan sambutan dalam acara Dekranasda Go Online Bersama Shopee di Pacific Century Place Tower, Jakarta, Kamis (29/8).

Tahun 2020 Pemerintah menargetkan Indonesia untuk bisa menjadi pusat ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara. Saat ini pertumbuhan pengguna internet di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia, yaitu mencapai 143,26 juta jiwa pada tahun 2017.

Angka yang tinggi ini diikuti dengan tumbuhnya sektor digital lain, seperti meningkatnya pembiayaan financial technology, pesatnya pertumbuhan transaksi e-commerce, serta dinobatkannya Indonesia menjadi negara ketiga dengan jumlah startup terbanyak di dunia.

Untuk mengiringi hal tersebut, diperlukan sosialisasi dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia sehingga mampu menunjang perkembangan era digital.

Dekranasda Go Online adalah sebuah kegiatan hasil kerjasama Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Ditjen PDT) dengan Shopee. Dimana Ditjen PDT memfasilitasi para pengurus Dekranasda untuk memasarkan produk unggulan lokal secara digital melalui marketplace Shopee sebagai upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah setempat.

Dalam sambutannya, Samsul Widodo berharap kedepannya Kantor Dekranasda bisa dijadikan sebagai pusat penjulan online, pusat pelatihan pemasaran secara online, serta tempat display produk-produk UMKM setempat. Oleh karena itu melalui acara ini dijadikan sebagai gambaran umum serta pengalaman langsung bagi para pengurus Dekranasda terkait bagaimana memasarkan produk lokal secara online.

Dalam acara ini, para pengurus Dekranasda selain mendapatkan materi terkait keuntungan pemasaran secara online, juga langsung melakukan praktek, seperti cara membuat akun di Shopee, cara mengemas produk, serta cara memotret produk.