Bantu UMKM dan BUMDes Terdampak COVID-19, Kemendes PDTT dan Shopee Indonesia Gelar Pelatihan Online


  Jumat, 22 Mei 2020 Berita DITJENPDT

Hadirnya masa pandemi penyebaran COVID-19 saat ini, jelas memberikan dampak negatif pada perekonomian Indonesia yang bahkan berdampak pada banyaknya penggiat bisnis, termasuk sektor industri Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Indonesia.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) bersama dengan Shopee menjalin kerjasama lanjutan yang khusus dihadirkan untuk membantu para UMKM dan BUMDes terdampak COVID-19 melalui pemberian pelatihan online sebanyak 10 kali dengan total diikuti oleh 648 peserta yang tersebar di 115 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal Kemendes PDTT, Samsul Widodo mengatakan dalam masa pandemi penyebaran COVID-19 yang juga bersamaan dengan bulan suci Ramadan, penting untuk bisa turut andil dalam memberikan dampak positif terhadap para pelaku UMKM yang berjuang selama masa pandemi ini.

"Kami mengapresiasi berbagai dukungan yang diberikan, termasuk menyambut baik kerjasama jangka panjang yang kami lakukan dengan Shopee untuk para pelaku UMKM terdampak COVID-19 ini. Kami berharap, program kerjasama ini dapat senantiasa menjaga keberlangsungan usaha UMKM di Indonesia," ujar Samsul di Jakarta, Rabu (20/5).

Hal serupa disampaikan oleh Head of Public Policy and Government Relations Shopee, Radityo Triatmojo. Menurutnya Shopee jugq mempunyai tanggung jawab membantu pihak-pihak terdampak COVID-19, khususnya UMKM binaan Shopee.

"Melalui kerjasama yang dijalin dengan Kemendes ini, kami berharap dapat senantiasa menciptakan dampak positif untuk keberlangsungan para UMKM Indonesia melalui program-program pelatihan online yang diberikan," ujar pria yang akrab disapa Radit.

Radit menambahkan, dukungan yang diberikan Shopee diinisiasi sebagai bentuk upaya Shopee untuk menjaga ekonomi Indonesia, seperti program stimulus ekonomi sebesar Rp100 Miliar yang diberikan untuk pelaku UMKM terdampak COVID-19 yang salah satunya diimplementasikan melalui program kerjasama dengan Kemendes PDTT.

Pelatihan online kepada UMKM terdampak dimulai dari Kabupaten Situbondo (29 April 2020), Kabupaten Sampang dan Bondowoso (6 dan 8 Mei 2020), Kabupaten Lombok Utara (7 Mei 2020), Kabupaten Bangkalan, Banyuwangi dan Pandeglang (13 Mei 2020), Kabupaten Lebak, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Toba dan Provinsi Nusa Tenggara Timur (18 Mei 2020), Kelas Gabungan dari berbagai Kabupaten di Indonesia yang mendaftar secara mandiri (15 dan 19 Mei 2020), Kabupaten Pemalang (19 Mei 2020) dan Kabupaten Bantaeng (19 Mei 2020).

Selain pelatihan penjualan oline yang dilakukan secara mandiri oleh para pelaku UMKM dan BUMDes, Shopee juga mendukung peran pemerintah daerah untuk mengkoordinasikan produk asli daerah dalam Toko Online Kabupaten dan Kecamatan. Beberapa Toko Online Kabupaten yang sudah terbentuk yaitu Toko Online Kabupaten Situbondo, Toko Online Kabupaten Banyuwangi dan Toko Online Kabupaten Purbalingga. Sedangkan untuk tingkat kecamatan yaitu Toko Online Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

Sesi pelatihan online dapat dilihat melalui Channel Youtube TV Desa yang ikut menayangkan salah satu sesi pelatihan online tersebut.