Gus Menteri Desa Lepas KKN Virtual Mahasiswa IAIN Tulungagung


  Senin, 20 Juli 2020 Berita DITJENPDT

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar atau sering disapa Gus Menteri melepas 1.537 Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung secara virtual di Jakarta, Senin, 20/07/2020. Gus Menteri meminta Mahasiswa melakukan pendampingan revitalisasi BUMDes ditengah pandemi Covid-19.

Gus menteri mengatakan dua hal upaya percepatan pembangunan desa yang notabenenya adalah pilar pembangunan bangsa dan negara yaitu transformasi ekonomi dan Sumber Daya Manusia. Terdapat 10 ribu BUMDes dari total 51 ribuan BUMDes yang masih bertransaksi ditengah Pandemi Covid-19.

Transformasi ekonomi di desa adalah pembangunan BUMDes, karena BUMDes merepresentasikan warga masyarakat desa, Upaya revitalisasi BUMDes diharapkan dapat dilaksanakan secara masif untuk menjemput Reborn Ekonomi Desa di era New Normal.

Direktur Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal, Samsul Widodo mengatakan kosep KKN dapat dimaksimalkan untuk memasarkan produk-produk desa secara digital, salah satunya dengan memanfaatkan toko online yang sudah banyak di Indonesia. Pelatihan secara online ditengah pandemi Covid-19 juga menjadi hal yang sangat penting untuk peningkatan kapasitas pengembangan sumber daya manusia.

Rektor IAIN Tulungagung Prof Dr Maftukhin, mengatakan berlangsungnya KKN ini diharapkan mampu menjadi tonggak kehidupan baru dalam berbangsa dan bernegara. Menurut Rektor, adanya pandemi ini terdapat banyak hal yang terdampak terutama sektor ekonomi.

Rektor IAIN Tulungagung sangat mendukung program dan arahan dari Menteri Desa PDTT, dan akan menugaskan mahasiswa untuk membuat profil BUMDes, sehingga memungkinkan untuk ikut dalam memasarkan produk yang dihasilkan bumdes itu sendiri melalui dunia maya sehingga memberikan dampak kongrit bagi perekonomian masayarakat desa.